Ini Alasan Mengapa Kerang di Seafood Tenda Terasa Enak dan Tak Amis

Kerang hijau dan kerang dara sangat enak dipadukan dengan berbagai saus. Teksturnya yang lembut dan gurih sangat pas disantap dengan nasi hangat. Lalu, apa yang ​bikin​ kerang di warung seafood terasa lezat?

Sajian kerang yang enak tentu tak hanya berasal dari racikan bumbu. Kesegaran kerang bisa menjadi salah satu kunci yang utama. Ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan saat mengolah kerang. Inilah tips yang diberikan oleh Hamid, salah satu karyawan seafood 68 Santa. Resep Sate Kerang

1. Pemilihan kerang


Untuk mendapatkan kerang yang segar, sebaiknya Anda harus memilih kerang yang masih hidup. Hal ini dikarenakan kerang yang sudah mati cenderung ​amis​ dan teksturnya lembek. Pilihlah kerang yang cangkangnya masih utuh dan tertutup, hal ini menjadi salah satu tanda kerang masih segar. Aroma yang dihasilkan tentu bukan aroma amis melainkan bau khas laut yang segar.

2. Bersihkan


Khusus untuk warung tenda seafood dan juga beberapa restoran lain, kerang disajikan beserta dengan cangkangnya. Agar tetap bersih, sebaiknya kulit kerang dicuci bersih dan disikat untuk mengurangi lumpur atau kotoran yang ada pada kerang. "Jika kerangnya bersih tentu rasanya akan lebih enak dan tidak berbau amis," tutur Hamid.

3. Rebus dengan rempah


Berbeda dengan seafood tenda lainnya, seafood 68 Santa tidak mencuci kerang atau seafood dengan air jeruk. "Semua jenis kerang, baik kerang hijau ataupun dara kami rebus dengan rempah-rempah sebentar," jelas Hamid saat ditemui oleh detikFood beberapa waktu lalu.

Air perebusnya ditambahkan dengan bumbu berempah yang cenderung menghasilkan rasa dan aroma yang gurih wangi. Bawang putih, daun jeruk, serai, jahe dan beberapa rempah lainnya bisa membantu hilangkan aroma amis. "Tapi kalau kerangnya segar, sudah pasti tidak akan beraroma amis," tambah pria berlogat Jawa ini.

4. Tambahkan bumbu



Kerang yang sudah direbus sebentar bisa ditumis dengan bumbu seperti saus mentega, saus padang ataupun saus tiram. Selain ketiga saus ini, seafood tenda yang berada di kawasan Santa juga menggunakan dua jenis cocolan saus lain yaitu saus bawang putih plus saus sambal dan saus bumbu rujak yang manis sedikit pedas. Saus ini menjadi pelengkap yang cocok dicampurkan dengan seafood terutama kerang.

0 Response to "Ini Alasan Mengapa Kerang di Seafood Tenda Terasa Enak dan Tak Amis"

Poskan Komentar